Buang air besar normalnya sanggup bervariasi dari  Tips Praktis atasi Konstipasi ( Sembelit )
Tips Praktis atasi Konstipasi ( Sembelit ) - Buang air besar normalnya sanggup bervariasi dari 3 kali sehari 3 kali seminggu, dan sebagian besar orang punya kebiasaan teratur. Bagaimanapun, Jika Anda mengeluarkan tinja keras kurang dari 3 kali seminggu, Anda kemungkinan menderita konstipasi. Gejala lainnya kembung, mual, kram di perut bab bawah. Makan masakan rendah serat, tidak banyak minum, gaya hidup tak aktif, dan/ atau berulangkali mengabaikan harapan ke toilet sanggup mengakibatkan konstipasi. Beberapa obat, menyerupai penghilang nyeri dan perhiasan zat besi, dan penyakit sanggup mengakibatkan konstipasi.

Ada beberapa cara mengobati konstipasi ringan dan mencegah dari munculnya, lihat beberapa tips sederhana berikut ini.
  • Beberapa masakan menyerupai prune sersifat sebagai laxatife ( melancarkan BAB ), jadi masukkan ini dalam masakan Anda. Jangan melupakan sarapan. Minum banyak air ketika sarapan menstimulasi usus besar.
  • Minum sekurangnya 8 gelas air dan/ atau juice buah sehari. Hentikan teh, kopi, dan kola yang akan menciptakan dehidrasi.
  • Lakukan 20-30 menit olahraga, menyerupai berjalan, bersepeda, atau berenang setiap hari, sebagai acara menstimulasi kanal pencernaan.
  • JIka langkah ini tak membantu, coba minum perhiasan serat.
  • Gunakan stimulan laksatif jikalau konstipasi parah.
Suplemen serat menciptakan kotoran lebih lembek dan gampang keluar. Jenis paling umumnya yaitu bran, yang sanggup di campur dengan sereal, sup, juice buah. Awali dedikit dan sedikit demi sedikit tambahkan. Jika tak suka coba produk yang mengandung ispaghula husk atau methylcellulose.

Laksatif Stimulan menyerupai senna, sanggup dipakai sementara, tapi dalam jangka panjang atau penggunaan berlebih dari laksativa stimulan sanggup menciptakan Anda lebih konstipasi alasannya yaitu usus Anda jadi tak efisien tanpanya.

Pencegahan

Tips berikut ini akan membantu Anda untuk menghindari gangguan pencernaan ( Konstipasi ).
  • Pergi ke toilet jikalau ingin buang air, jangan menunggu. Jangan tergesa ketika buang air.
  • Tambah asupan serat Anda secara bertahap, tambahkan masakan menyerupai muesli, roti gandum, sayur dan kacang dalam teladan makan Anda. Minum banyak air.

Atur jadwal ke dokter jikalau konstipasi tidak membaik sesudah 7 hari, atau Anda tak BAB dengan normal, tapi diare, atau juga Anda mengalami konstipasi yang berulang

Post a Comment

 
Top