Sampai Kapan Bayi dan Anak Bisa Makan Bubur Sampai Kapan Bayi dan Anak Bisa Makan Bubur?
Sampai Kapan Bayi dan Anak Bisa Makan Bubur? - Bubur merupakan jenis masakan lembut yang terbuat dari bahan-bahan sumber karbohidrat menyerupai bersa, gandum, atau tepungnya. Bahan sumber karbohidrat dimasak hingga lebut dan dicampur dengan materi lain sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing. 

Kriteria Bubur Bagi Bayi

Bubur untuk diberikan kepada bayi, biasanya mempunyai kriteria-kriteria khusus yang dejelaskan menyerupai berikut ini.
  • Bertekstur lembut dan tidak menciptakan bayi tersedak. untuk bayi berusia 6-9 bulan, dan tekstur mulai agak garang untuk usia bayi diatas 9 bulan.
  • Dibuat dengan memakai adonan bahan-bahan segar pilihan dan berkualitas bagus.
  • Tidak memakai perasa, pewarna, dan pengawet buatan/kimia yang membahayakan bayi.
  • Sebaiknya menciptakan bubur sendiri, jikalau memakai bubur instan, pastikan kondusif dan sehat ( Baca: Milna Bubur Bayi Organik, MPASI Terbaik Untuk Si Kecil )

 

Sampai Kapan Bayi dan Anak Masi Bisa Makan Bubur?

Tidak ada batasan usia bagi bayi dan belum dewasa yang igin makan bubur. Hanya saja dikala si anak sudah tumbuh gigi maka masakan padat dengan tekstur lebih keras diharapkan bagi pertumbuhan mereka. Misalnya dengan melalui tahapan-tahapan sebagai berikut.

Bayi usia 6 – 9 bulan.
Bubur halus yang terbuat dari tepung beras, gandum, atau maizena. Bisa ditambahkan materi lain menyerupai susu formula dan buah-buahan yang dihaluskan menyerupai pisang.

Bayi usia 9 – 12 bulan
Bubur saring yang terbuat dari materi beras putih atau merah. Bisa dicampurkan dnegan materi lain menyerupai buah-buahan halus atau lauk dan sayuran. Pilih lauk dan sayuran segar yang sekiranya tidak menjadikan alergi bagi bayi.

Bayi usia 12 – 15 bulan.
Bubur beras yang tidak disaring. Bisa ditambahkan materi lain menyerupai yang terdapat pada tahap kedua.

Bayi usia 15 – 18 bulan.
Nasi tim dengan pelengkap variasi lauk dan sayur.

Bayi usia 18 bulan – anak usia 3 tahun.
Nasi lunak yang dimakan bersama sayur dan lauk terpisah.

Anak-anak usia di atas 3 tahun.
Nasi biasa menyerupai anggota keluarga lain yang dimakan dengan lauk serta sayur terpisah.

Nah  bunda, demikian artikel sederhana seputar bubur bayi dan anak, serta waktu mengkomsumsinya. Lalu, bagaimana pengalaman bunda dalam memperlihatkan masakan ( bubur ) untuk bayi dan anak tercinta? Tentu pengalaman yang sangat membahagiakan ya bunda.

Post a Comment

 
Top