Epilepsi merupakan jenis penyakit yang biasanya juga dikenal dengan penyakit ayan Epilepsi Pada Anak dan Penanganannya
Epilepsi Pada Anak dan Penanganannya - Epilepsi merupakan jenis penyakit yang biasanya juga dikenal dengan penyakit ayan. Penyakit ini menyerang saraf yang secara menahun (kronis). Seorang anak yang mengalami epilepsi tampak tegang, kejang-kejang, dan keluar busa dari lisan ketika terjadi serangan. Jika tidak segera ditolong maka dapat saja si anak melukai diri sendiri menyerupai menggigit pengecap atau bibir mereka.

Penyebab Epilepsi

Sampai ketika ini penyebab niscaya dari epilepsi belum diketahui, namun ada beberapa hal yang ditengarai dapat memicu timbulnya epilepsi, yakni:
  • Cedera kepala ketika proses kelahiran bayi.
  • Adanya luka di kepala yang lalu mengganggu fungsi otak.
  • Ada benturan di kepala sehingga menciptakan terganggunya sistem saraf di otak.
  • Adanya tumor di potongan kepala terutama otak.
  • Komsumsi alko*hol (biasanya dialami oleh orang dewasa).

Penanganan Terhadap Penderita Epilepsi

Pertolongan pertama perlu dilakukan kepada penderita epilepsi yang terkena serangan, minimal mulutnya diberi alas kain semacam handuk semoga gigi-giginya tidak melukai diri sendiri. Selanjutnya apabila mengetahui anak mengalami serangan epilepsi, segera bawa ke dokter dan lakukan perawatan serta terapi secara terjadwal dan intensif. Epilepsi bukanlah penyakit keturunan dan tidak menular. Epilepsi juga dapat disembuhkan dengan terapi sempurna dan penanganan yang penuh kasih sayang dari orangtua, dokter, dan orang lain di lingkungan sekitar Anak.

Post a Comment

 
Top